Rabu, 17 April 2013

Sekali lagi, jika bersin, jangan tutup pakai tangan !




Jika selama ini anda biasanya bersin atau batuk dengan menutup tangan, maka ubahlah dengan mengarahkan batuk anda ke lengan. Ternyata, berdasarkan hasil penelitian, virus bisa ditekan penyebarannya bila diarahkan ke lengan. Hal ini telah lama disosialisakan oleh para ahli, namun masih banyak saja yang masih melakukannya.

“Menutup hidung dan mulut saat bersin, tidak membantu mencegah penyebaran flu,” kata Profesor Guy Eslick dari University of Sydney, dilansir laman The Indian Express, Kamis (4/4).

Hal senada juga disampaikan Eslick, dari jurnal kesehatan Australia. Ia mengaku heran dengan banyaknya iklan batuk yang menggunakan tangan sebagai metode mencegah penyebaran virus.
“Saya terkejut melihat poster pada bus dan kereta api yang menunjukkan batuk ke tangan sebagai metode yang dapat mencegah penularan flu,” kata Eslick.
“Lebih baik menutup batuk dan bersin anda dengan tisu dan membuangnya, atau jika tidak tersedia, batuklah ke lengan. Itu lebih baik daripada batuk ke tangan,”tambahnya.


Para dokter merekomendasikan mereka yang pilek untuk menggunakan tissue, sapu tangan atau menutup mulut dengan lengannya, namun penelitian menemukan hanya 5% orang yang melakukannya.
Banyak orang hanya menggunakan tangan saat membuang ingusnya, hal ini dapat menyebarkan penyakit kecuali orang tersebut membersihkan tangannya dengan disinfektan setelahnya.

Jadi saat Anda batuk atau bersin dan menutupnya dengan tangan, hal tersebut tidak efektif mencegah penyebaran penyakit sebab setelahnya Anda langsung melanjutkan aktifitas dan bukannya mencuci tangan terlebih dahulu. Seseorang bisa saja langsung memegang uang, telepon umum, pegangan eksalator, tombol lift, dan lainnya sebelum membersihkan tangan dari bersinnya. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa virus dapat bertahan lama di uang yang kita pegang.

Profesor Nick Wilson dari Otago University di Wellington, New Zealand mengatakan, "Ketika Anda batuk dan menutupnya dengan tangan Anda, maka Anda menutupi tangan Anda dengan virus."




Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar