Senin, 15 April 2013

Mengapa MADU begitu LUAR BIASA?


Madu murni memang luar biasa. Tak heran jika ada yang menyebut madu sebagai makanan dewa. Hal ini bukan tanpa alasan, sebab kandungan madu sangat kompleks. Madu murni merupakan sumber gizi yang sangat lengkap, yang ternyata sangat berguna untuk kesehatan tubuh dan kecantikan. Kandungan apa saja yang dimiliki madu sehingga begitu luar biasa?

· Rasa manis pada madu berkali-kali lipat bila dibandingkan dengan gula buatan. Hal ini karena jenis gula yang terkandung dalam madu terdiri lebih dari lima belas jenis. Di antaranya adalah fruktosa (gula buah) glukosa gula anggur), sukrosa (gula tebu), dan maltosa (gula gandum).

· Di dalam madu juga terdapat kandungan mineral dan garam. Seperti; besi, sulfur, magnesium, kalsium, kalium, sodium, klorin, tembaga, krom, nikel, lead, silica, mangan, alumininum, aurum, lithium, thin, zink, dan titanium. Sungguh menakjubkan, karena semua mineral tersebut merupakan komposisi tanah yang darinya manusia diciptakan.

· Adapun macam-macam asam yang terkandung dalam madu adalah: formic acid, lactic acid, atric acid, tartaric acid, oxalid acid asam fosfat, dan asam glukomat. Asam amino bebas dalam madu mampu membantu penyembuhan penyakit, juga sebagai bahan pembentukan neurotransmitter atau senyawa yang berperan dalam mengoptimalkan fungsi otak. 

· Di dalam madu juga terkandung hormon-hormon kuat yang berfungsi menggiatkan dan memacu kerja organ-organ tubuh.

· Salah satu keunikan madu adalah karena madu mengandung zat antibiotik. Hal itu hasil penelitian Peter C Molan ( 1992 ), peneliti dari Departement of Biological Sciences, University of Waikoto, Selandia Baru. Menurutnya Madu terbukti mengandung zat antibiotik yang aktif melawan serangan berbagai kuman patogen penyebab penyakit.

· Madu murni mengandung vitamin-mineral, protein, zat hidrat arang dan trace elemen. Telah diketahui pula bahwa di dalam madu terdapat dotorium (hydrogen berat) yang berfungsi sebagai anti kanker.

· Vitamin A, B1, B2, B3, B5, B6, beta caroten, vitamin C, D, E dan K.

· Seorang ilmuwan dari Universitas Illinois di Urbana, Amerika Serikat, menulis dalam Journal of Apicultural Research bahwa khasiat masing-masing madu bisa saja berbeda, namun semua jenis madu pasti mengandung antioksidan

· Madu murni mengandung enzim aktif yang tidak dapat diproduksi manusia. Enzim inilah unsur yang paling penting di dalam madu yang berfungsi sebagai kelangsungan reaksi kimia biologis dan sistem metabolisme di dalam tubuh. Enzim di dalam madu merupakan enzim terbaik yang dapat kita peroleh dari semua makanan yang ada.

Banyaknya kandungan yang dimiliki madu menjadikan madu begitu berkhasiat dalam menjaga kesehatan dan kestabilan tubuh serta memerangi berbagai penyakit. Akan tetapi, banyak orang yang minum madu tatkala sakit saja. Tetapi bukankah mencegah lebih murah dari mengobati, apalagi dalam kondisi krisis moneter saat ini, ditengah biaya rumah sakit dan obat yang semakin melambung tinggi? 






Tidak ada komentar:

Posting Komentar