Senin, 25 Maret 2013

Dunia Islam sudah mengenal robot sejak abad ke-13

Anda tentu saja sering berdecak kagum melihat robot-robot buatan manusia di zaman ini. Kekaguman Anda ini didukung oleh kecanggihan teknologi abad ini yang sudah semakin modern. Namun, tahukah Anda bahwa robot sudah dikenal sejak abad ke-13? Ya, ditangan seorang ilmuan muslim yang cerdas bernama Al-jazari (1136-1206), sekelompok robot memainkan musik di atas sebuah perahu tampak nyata pada masa itu. Al-Jazari berasal dari Utara Mesopotamia, kawasan utara Irak dan timur laut Syiria.  

Kemampuan menciptakan robot yang dimiliki Al Jazari lebih dulu unggul dibandingkan tokoh barat, Leonardo Da Vinci yang baru merancang pembuatan robot pada 1478. Karena itulah, Al Jazari pun dijuluki sebagai “Bapak Robot”. Robot-robot yang diciptakan sudah mirip dengan manusia. Mungkin yang paling terkenal adalah robot yang memainkan musik diatas perahu untuk menghibur tamu kerajaan dalam sebuah acara jamuan minum.

Sebagai robot pemain musik, mereka pun ahli menghasilkan suara musik yang indah. Masing-masing robot pemain musik punya tugas penting. Ada yang berperan sebagai penabuh drum sebanyak dua orang. Ada juga yang meniup harpa dan suling. Mereka juga bisa menghasilkan suara yang bervariasi. Misalnya saja, robot penabuh drum ciptaannya, dapat memainkan beragam irama yang berbeda-beda. Jadi, robot itu pun bermain musik seperti manusia sungguhan.

Ia juga menulis Kitab Fí ma’rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, di mana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya. Banyak teknologi saat ini yang berkiblat dari hasil temuannya di masa lalu. Misalnya pencuci tangan otomatis. Berkat penemuan bapak robot inilah cara kerja keran otmatis itu ada hingga saat ini. 

Ia juga menulis Kitab Fí ma’rifat al-hiyal al-handasiyya (Buku Pengetahuan Ilmu Mekanik) tahun 1206, di mana dia menjelaskan lima puluh peralatan mekanik berikut instruksi tentang bagaimana cara merakitnya. Hanya sedikit yang diketahui tentang Al-Jazari, dan kebanyakan berasal dari perkenalannya dari buku "Pengetahuan Ilmu Mekanik".

Al-Jazari adalah bagian dari tradisi pengrajin sehingga lebih cenderung sebagai praktisi insinyur daripada penemu yang tampaknya "lebih tertarik kepada proses pengerjaan yang diperlukan untuk membangun suatu alat daripada teknologi yang berada dibelakangnya" dan mesin-mesin ciptaannya biasanya "dirakit berdasarkan trial and error daripada perhitungan teoritis."Bukunya "Pengetahuan Ilmu Mekanik" tampaknya menjadi sangat populer sebagaimana telah banyak terlihat dalam sejumlah besar salinan manuskrip, dan seperti yang berulang kali dijelaskan olehnya, dia hanya menjelaskan peralatan-peralatan yang dibangunnya sendiri. Menurut Mayr, gaya bahasa dalam buku tersebut seperti buku modern do-it-yourself.

Berikut contoh-contoh penemuannya yang digambarka ke dalam lukisan miniatur



Berkas:Al-jazari water device.jpg 

Berkas:Al-Jazari - A Musical Toy.jpg


Berkas:Al-Jazari - The Basin.jpg


Berkas:Al-Jazari Automata 1205.jpg


Sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar